Apa manfaat dan fungsi Google Analytics untuk media siber?

Rabu, 09 Maret 2022 : 19.56

Analytics Dapat membuat report tentang trafik dalam jangka waktu harian, mingguan, bulanan hingga laporan tahunan secara detail.

logo Google Analytics
Google Analytics merupakan salah satu tool analisis website terbaik saat ini yang banyak digunakan media-media siber skala nasional dan lokal baik dalam platform website dan aplikasi. Google Analytics adalah sebuah layanan dari Google yang menampilkan statistik pengunjung secara real-time. 

Google Analytics biasa digunakan untuk menganalisa kinerja website bedasarkan data-data statistik yang ditampilkan. Lantas apa manfaat dan fungsi Google Analytics untuk media siber yang secara ekslusive menampilkan konten secara digital?

Analisi alat Google ini dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu termasuk mesin pencari suatu konten berita, iklan serta juga tautan yang terkandung dalam dokumen seperti PDF. 

Manfaat paling baik dari alat Google ini juga dapat mengetahui tinggi dan rendahnya trafik pengunjung. Dengan menggunakan Google Analytics, website dapat membuat report tentang trafik website dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Google Analytics menyediakan berbagai manfaat dan fungsinya yang bisa diakses melalui menu untuk memantau kegiatan dan laporan, sebagai berikut:

1. Real-Time.

Laporan ini berisi tentang jumlah pengunjung secara real time. Laporan dibagi lagi menjadi beberapa sesi seperti dari mana asal pengunjung, gawai yang digunakan, peramban yang digunakan, sampai kata kunci yang digunakan pengunjung

2. Audiens.

Menu audiens menunjukkan tren pengunjung dari waktu ke waktu, termasuk rasio antara pengunjung baru dengan pengunjung lama yang kembali.

3. Akuisisi.

Akuisisi secara garis besar menunjukkan dari mana saluran pengunjung berasal. Google Analytics akan membagi menjadi beberapa kategori saluran seperti Penelusuran Organik, Direct, Social Media, ataupun Referal.

4. Perilaku.

Menu ini menunjukkan rata-rata performa situs seperti Tayangan Halaman, Rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di situs, sampai Rasio Pentalan.

Lebih mudah dan sederhana digunakan. 

Untuk lebih memahami data statistik yang ditampilkan, ada beberapa istilah Google Analytics yang harus dipahami. 

Berikut 8 istilah-Istilah Pada Google Analytics yang dirangkum jurnalistik.id di antaranya:

1. Page Views.

Adalah total halaman yang dilihat pengunjung. Pada page views, setiap halaman yang dibuka dihitung berbeda. Jadi, page views akan selalu lebih besar dari jumlah pengunjung (sessions).

2. Users.

Adalah pengunjung yang berkunjung ke websitemu setidaknya sekali.

3. Sessions.

Adalah jumlah kunjungan ke website atau blog. Meskipun ada seorang pengunjung website yang datang dan membuka banyak halaman, maka mereka akan tetap dihitung satu kunjungan.

4. New User.

Adalah visitor yang baru pertama kali mengunjungi website atau blog.

5. Bounce Rate.

Adalah visitor yang mengunjungi website namun hanya membuka 1 halaman dan langsung keluar.

6. Exit Rate.

Adalah visitor yang mengunjungi halaman website beberapa halaman, sebelum keluar.

7. Pages/Sessions (pages per sessions).

Adalah jumlah halaman yang terbuka dalam setiap kunjungan.

8. Avg. Sessions Durations.

Adalah lamanya waktu yang digunakan visitor dalam setiap kunjungan website.

Penutup

Penting mengelola media siber dengan optimal basis data untuk mengembangan unit bisnis suatu perusahaan media. 

Manfaat dan fungsi Google Analytics menjelaskan berdasarkan data real time seperti apa performa portal berita, agar dapat bisa menganalisis hal apa yang harus diperbaiki, hal apa yang sudah efektif. Maka, sangat penting menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan basis data media siber.
Share



All Right Reserved Jurnalistik.id from indotema.com™